BAWASLU KABUPATEN BANDUNG AWASI SORTIR LIPAT SURAT SUARA

Administrator | Senin, 08 April 2019 - 15:04:39 WIB
BAWASLU KABUPATEN BANDUNG AWASI SORTIR LIPAT SURAT SUARA

SOREANG - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bandung - Pengawasan penyortiran dan pelipatan surat suara oleh Bawaslu Kabupaten Bandung terus berlangsung hingga hari ini, selasa, (05/03/2019). Pengawasan tersebut dilaksanakan di tiga tempat yaitu gudang Solokan Jeruk, gudang Cangkuang dan gudang Kampung Sawah Katapang.

Sampai dengan hari ke-empat ini, Bawaslu Kabupaten Bandung menemukan beberapa surat suara yang rusak baik itu yang mengkerut ataupun sobek dalam penyortiran.

 “Surat Suara yang buram, sobek, berlobang, terlipat atau ternoda akan disisihkan (dimusnahkan). Kekurangan akibat kerusakan itu dilaporkan ke KPU RI untuk dikirim surat suara pengganti”, Ujar Hedi Ardia Koordinator Divisi Pengawas, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Bandung ini.

Selain itu Surat Suara yang telah disortir kemudian dilipat untuk nantinya dapat dipergunakan dalam pemilihan umum 17 April 2019 nanti.

 “Surat Suara yang telah disortir lalu dilipat dan tidak boleh dilakukan asal-asalan. Masing-masing dari 5 jenis surat suara telah memiliki pola dan urutan pelipatan yang baku. Pada pokoknya, hasil pelipatan itu saat dibuka di bilik suara oleh pemilih harus bisa terbuka secara keseluruhan” tandasnya.